Wajib Tahu! 5 Hal Ini Nyatanya Bisa Mempengaruhi Produktivitas Kerja Pegawai

Semua perusahaan tentu menginginkan karyawannya senantiasa produktif saat bekerja. Tetapi sayangnya hal itu tidak selalu berjalan mulus. Tidak hanya faktor individu yang berasal dari diri masing-masing pegawai, ada pula beberapa hal penting yang dapat pengaruhi produktivitas kerja pegawai diantaranya ialah kursi dan meja kantor ergonomis dengan harga meja kantor yang terjangkau dan berkualitas.

5 Hal yang Bisa Mempengaruhi Produktivitas Kerja Pegawai

Jika sebuah perusahaan memahami 5 hal penting itu dengan baik, meningkatkan produktivitas pegawai juga tidak akan terasa sulit:

  • Kondisi kantor yang berantakan

Kamu wajib memastikan bahwa kondisi kantor senantiasa bersih dan nyaman. Sebab kantor yang berantakan ternyata rentan menyebabkan bad mood. Tidak hanya itu, kantor yang berantakan juga lebih berisiko menyebarkan penyakit. Sebab mikroorganisme penyebar penyakit menjadi mudah bersembunyi di tempat yang kotor dan berantakan.

  • Meja atasan yang terlalu dekat dengan pegawai

Faktanya, tidak semua pegawai dapat merasa nyaman saat berdekatan dengan atasannya. Apalagi jika tempat kerja dan meja direktur letaknya tidak bersekat dengan meja bekerja para pegawai. Dampaknya, para pegawai merasa bahwa kinerjanya terus menerus diawasi. Perasaan tidak nyaman itu malah akan menyebabkan penurunan produktivitas bekerja.

  • Jam bekerja yang berlebihan

Beberapa negara maju memberlakukan sistem jam bekerja yang tergolong singkat setiap harinya. Sebab pada dasarnya konsentrasi bekerja tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Itulah sebabnya memberlakukan jam bekerja berlebihan di kantor belum tentu membuat kinerja pegawai semakin baik. Alangkah lebih bijaksana apabila jam kantor diberlakukan sewajarnya. Terlebih lagi ada pula divisi tertentu yang dapat diberi ketentuan jam bekerja fleksibel setiap satu hari dalam satu minggu. Hal itu lebih efektif mendukung kenyamanan dan produktivitas pegawai.

  • Suasana kerja yang tegang

Tidak ada orang yang menyukai suasana bekerja yang tegang. Saling diam dengan sesama rekan kerja ataupun hanya berinteraksi lebih banyak dalam suasana meeting yang kaku. Hubungan yang lebih akrab dan mengasyikkan harus mengisi suasana kerja setiap hari. Dengan demikian, pegawai akan lebih nyaman menyampaikan pendapat dan ide penting untuk kemajuan perusahaan.

  • Persaingan tidak sehat antar pegawai

Bukan rahasia lagi kalau persaingan tidak sehat antar pegawai sering membuat suasana bekerja menjadi tidak kondusif. Pegawai yang ikut serta persaingan sehat kerap kali fokus menjatuhkan saingannya. Sehingga pekerjaan yang dijalani tidak diselesaikan dengan niat baik. Ikatan dengan sesama rekan kerja pun menjadi tidak cocok sebab merasa lebih hebat.

Apakah selama itu suasana kantor telah mendukung produktivitas kamu? Kalau belum, berarti kamu yang harus berinisiatif untuk memperbaikinya. Mempunyai lingkungan bekerja yang nyaman akan mendukung performa bekerja kamu setiap hari.